Selamat Datang!

Tujuan saya membuat blog mental ray ini adalah untuk menambah referensi tentang mental ray dalam bahasa Indonesia. Karena saya melihat kurangnya referensi tentang mental ray dalam bahasa Indonesia baik di media cetak (buku, majalah, dsb.) maupun di internet.
Sedikit info lagi agar lebih spesifik, disini saya menggunakan mental ray di 3Ds max.

Dengan adanya blog ini, saya berharap agar tutorial, tips, ataupun trik yang saya tulis dapat memperkaya ilmu para seniman 3D Digital di Indonesia.

Selamat membaca!

03 Februari 2009

Spherical Concave Mirror Imperfections



Sejenak iseng bermain-main dengan caustic dan ilmu fisika. Ternyata dapat pola-pola caustic yang keren. Awalnya saya hanya ingin melihat efek dari abrasi spheris yang dihasilkan dari lensa/cermin spheris.

Scene nya cukup simple, ada cermin cekung spheris, direct light, plane, dan camera.

Jarak plane dari pusat cermin adalah 1/2 dari jari-jari cermin, tepatnya titik fokus. Direct light diletakkan di depan plane dan menghadap cermin. Sedangkan kamera diletakkan di pusat cermin.

Untuk setting mental ray nya, saya hanya mengaktifkan caustic dengan jumlah 2 juta photon.

Setelah scene siap, barulah saya bereksperimen. Saya coba memberi objek cermin cekung dengan berbagai macam modifier secara bergantian(Bend, Twist, Melt, dsb.). Dan hasilnya, pola-pola caustic yang indah terbentuk. =)

2 komentar:

Grafis and Art Design mengatakan...

mas gimana ya

Grafis and Art Design mengatakan...

mas gimana ya,menghilangkan efek noise berwarna merah,biru pada kaca padahal sudah sya beri material arch dan design dan photon caustics