Selamat Datang!

Tujuan saya membuat blog mental ray ini adalah untuk menambah referensi tentang mental ray dalam bahasa Indonesia. Karena saya melihat kurangnya referensi tentang mental ray dalam bahasa Indonesia baik di media cetak (buku, majalah, dsb.) maupun di internet.
Sedikit info lagi agar lebih spesifik, disini saya menggunakan mental ray di 3Ds max.

Dengan adanya blog ini, saya berharap agar tutorial, tips, ataupun trik yang saya tulis dapat memperkaya ilmu para seniman 3D Digital di Indonesia.

Selamat membaca!

21 Juli 2008

[Trik] Startup 3Ds Max dengan Mental Ray

Tiap kali kita membuka Max, lalu ingin membuat scene dengan mental ray, tentu pertama yang kita lakukan adalah merubah renderer-nya pada Render Scene Dialog bukan?
Merasa repot? Maka muncul pertanyaan, "Bisa ndak sih, begitu kita buka 3Ds Max, renderernya langsung otomatis pake mentalray? Jadi ndak perlu ngerubah2 lagi.."

Jawabannya: Tentu saja bisa~!
Beberapa waktu lalu saya sempat iseng-iseng sambil baca dokumen help nya 3Ds Max. Terus ketemu fungsi Command Line switch~ =)

"Lalu bagaimana caranya?"

Caranya cukup simpel saja~
1. Buka 3Ds Max
2. Dalam kondisi scene yang masih kosong dan bersih, ubah renderer-nya dari Default Scanline menjadi Mental Ray.
3. Save scene ke direktori 3Ds Max (\Program Files\Autodesk\3ds Max 2008\). Judul file-nya dapat sesuka anda.
4. Close 3Ds Max.
5. Klik kanan pada shortcut 3Ds Max (misal shortcut di desktop), pilih properties.
6. Masuk ke tab shortcut.
7. Pada kolom Target, beri judul file scene mental ray yang telah anda simpan pada langkah ke 3 setelah alamat target. (misal, contoh pada gambar, file saya berjudul "Untitledmr.max", maka penulisannya adalah: "C:\Program Files\Autodesk\3ds Max 2008\3dsmax.exe" Untitledmr)

8. Klik OK.
9. Buka kembali 3Ds Max. Sekarang 3Ds Max langsung menggunakan mental ray pada startup.
10. Cobalah dengan langung menekan tombol F9 atau Shift+Q pada keyboard.

Sekian~ Maaf jika kata-kata saya agak amburadul. Hari ini bahasa saya lagi kacau.. :)

Tidak ada komentar: